Sabtu, 28 Juni 2008

Soal Jawab Persiapan Ujian Sertifikasi Pengadaan

Persiapkan diri anda dalam menghadapi ujian sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diselenggarakan oleh Bappenas, dengan cara banyak berlatih soal-soal pengadaan. Untuk membantu para aparatur pemerintah agar dapat lulus dalam ujian sertifikasi pengadaan, telah tersedia soal dan jawab terkait dengan pengadaan barang / jasa pemerintah mengacu pada Keppres 80/2003.

Tanda (x) dibelakang pilihan adalah merupakan jawaban yang menurut kami benar.

I. KELOMPOK A : PILIH JAWABAN BENAR (dasar)

1. Keppres No.80/2003 diterbitkan untuk mengatur :
a.Pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. (x)
b.Pelaksanaan pemborongan dan konsultansi.
c.Pelaksanaan pengadaan agar harga menjadi murah.
d.Pemberantasan korupsi.

2. Keppres No.80/2003 merupakan pembaharuan dari :
a. Keppres No.16/96.
b. Keppres No.18/2000. (x)
c. Keppres No.29 dan 30 th.1984.
d. Semuanya salah.

3. Pengadaan barang/jasa pemerintah dari sisi penyediaan jasa total yang diperlukan ,meliputi unsur-unsur :

a. Pemasokan barang,Pemborongan,Konsultansi,Jasa Lainnya (x)

b. Pemborongan dan konsultansi.

c. Pemborongan dan konsultansi serta perlindungan konsumen.

d. Pengguna jasa dan panitia pengadaan.

4. Pengadaan barang/jasa pemerintah terdiri dari dua kelompok utama ,di dalam ilmu ekonomi dikenal sebagai sektor demand dan sektor supply,yaitu terdiri dari :

a. Pengguna jasa dan panitia.

b. Pengguna jasa dan penyedia jasa (x)

c. Kontraktor dan konsultan.

d. Penyedia jasa lainnya dan sub kontraktor.

5. Pengadaan barang jasa pemerintah dari sisi pengguna jasa terdiri dari :

a. Konsultan dan kontraktor.

b. Pengguna jasa dan penyedia jasa.

c. Kuasa pengguna, panitia atau pejabat pengadaan (x)

d. Pemerintah dan swasta.

6. Dalam keppres No.80/2003 tertitip pesan oleh pemerintah kepada pelaku pengadaan barang jasa akan 2 (dua) hal prinsip ,yaitu :

a. Pemberdayaan pengusaha nasional dan asing.

b. Pemberdayaan pemerintah propinsi dan kabupaten/kota.

c. Pemberdayaan pengusaha besar dan pemakaian produk impor.

d. Pemberdayaan pengusaha kecil dan penggunaan produk nasional (x)

7. Pengertian kesetaraan memiliki ruang lingkup :

a. Swasta boleh mengatur pemerintah.

b. Kedudukan pengguna jasa dan penyedia jasa adalah sama dalam hal hak-kewajiban masing masing (x)

c. Pengguna jasa dapat dituntut penyedia jasa apabila terdapat kelalaian dari unsur pengguna jasa.

d. Pengguna jasa dapat dituntut penyedia jasa apabila terdapat kelalaian dari unsur pengguna jasa,begitu pula sebaliknya.

8. Pengertian kemitraan adalah mencakup unsur-unsur :

a. Hubungan kerja yang harmonis antara pengusaha besar dan kecil dari sisi penyedia jasa (x)

b. Hubungan bebas antar pelaku pengadaan.

c. Hubungan kontraktor dan konsultan yang erat dalam KKN.

d. Tidak ada yang benar.

9. Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi Negeri dalam melaksanakan pengadaan barang dan jasa :

a. Dapat melakukan cara swakelola (x)

b. Tidak dapat melakukan swakelola.

c. Harus dengan pelelangan umum.

d. Tergantung pada masing-masing pihak.

10. Pada prinsipya pengadaan barang/jasa pemerintah dapat dilakukan dengan cara yaitu :

a. Swakelola (eigenbeheer/owner builder/design-built) saja.

b. Penyedia barang/jasa (konsultan,kontraktor,pemasok,jasa lain).

c. Swakelola & penyedia barang/jasa (x)

d. Swakelola,turnkey,BOT,project atau construction management.

11. Kepala kantor atau satuan kerja adalah pejabat struktural departemen / lembaga yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang jasa yang dibiayai dari :

a. sumber dana anggaran belanja rutin APBN (x)

b. sumber dana anggaran belanja pembangunan APBN

c. sumber dana anggaran belanja APBD Propinsi

d. sumber dana anggaran belanja APBD Kota/Kabupaten

12. Pengguna barang/jasa adalah kepala kantor/satuan kerja/pemimpin proyek/pemimpin bagian proyek/pengguna anggaran daerah/pejabat yang disamakan sebagai :

a. Pengguna pekerjaan (user)

b. Pemilik pekerjaan (owner) (x)

c. Pemilik & pengguna pekerjaan

d. Pemimpin yang baik

13. Penyedia barang/jasa adalah :

a. Badan usaha yang menyediakan barang & perorangan yang menyediakan layanan jasa

b. Perorangan yang menyediakan layanan barang/jasa

c. Badan usaha atau perorangan yang kegiatan usahanya menyediakan barang/layanan jasa (x)

d. Siapapun yang mampu menyediakan barang/jasa

14. Pemimin Proyek / Pemimpin Bagian Proyek adalah seorang pejabat yang diangkat oleh :

a. Menteri Departemen Teknis

b. Pemimpin Lembaga

c. Gubernur/Bupati/Walikota/Pejabat yang diberi kuasa

d. Menteri/Pemimpin Lembaga/Gubernur/Bupati/Walikota/Pejabat yang diberi kuasa (x)

15. Pejabat yang disamakan adalah pejabat yang diangkat oleh pejabat yang berwenang di lingkungan :

a. TNI / POLRI / Pemda / BI / BHMN / BUMN / BUMD (x)

b. Pemerintah Pusat/Pemda

c. TNI/POLRI

d. BI / BHMN / BUMN / BUMD

16. Pejabat yang disamakan adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan yang dibiayai dari :

a. Sumber dana dari APBN / APBD (x)

b. Sumber dana dari APBN

c. Sumber dana dari APBD

d. Sumber dana dari APBN/APBD/HPLN

17. Pengguna Anggaran Daerah adalah pejabat dilingkungan :

a. Pemda Propinsi/Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang dibiayai dari dana anggaran belanja APBD (x)

b. Pemda Propinsi yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang dibiayai dari dana anggaran belanja APBD Propinsi

c. Pemda Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang dibiayai dari dana anggaran belanja APBD Kabupaten/Kota

d. Pemda Kabupaten yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang dibiayai dari dana anggaran belanja APBD Kabupaten.

18. Suatu pekerjaan pengadaan barang/jasa pemerintah dapat dikatakan sebagai suatu pekerjaan kompleks apabila :

a. Memerlukan penerapan teknologi maju/tinggi

b. Memiliki risiko tinggi/besar

c. Memiliki nilai diatas Rp 50.000.000.000,-

d. Memerlukan teknologi tinggi/mempunyai resiko tinggi/ menggunakan peralatan didesain khusus/bernilai diatas Rp 50.000.000.000,- (x)

19. Kebijakan umum pemerintah dalam hal-ikhwal pengadaan barang dan jasa adalah :

a. Agar konsultan dan kontraktor lebih berjaya.

b. Agar produk dalam negeri dapat meningkat pemasarannya baik di dalam negeri maupun internasional

c. Agar terjadi pemberdayaan Pemda Propinsi/Kabupaten/Kota yang akan berdampak bagi perluasan lapangan kerja

d. Meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri,rancang bangun dan perekayasaan nasional yang sasarannya adalah memperluas lapangan kerja dan mengembangkan industri dalam negeri dalam rangka meningkatkan daya saing barang/jasa produksi dalam negeri pada perdagangan internasional. (x)

20. Sikap pengguna jasa dan atau panitia pengadaan yang terbaik demi kelancaran tugasnya adalah :

a. Selalu mempertimbangkan permintaan penyedia jasa

b. Menghindari dan mencegah terjadinya pertentangan kepen- tingan para pihak yang terkait,langsung maupun tidak langsung dalam proses pengadaan barang/jasa (x)

c. Selalu menerapkan pengarahan dari atasan langsungnya

d. Tidak pernah absen dalam menjalankan tugasnya

21. Ruang lingkup berlakunya Keputusan Presiden Nomor 80/2003 ini dari sisi pandang sumber dana pembiayaan proyeknya adalah untuk :

a. Kegiatan yang dibiayai oleh APBN/APBD

b. Kegiatan yang dibiayai oleh APBN/APBD/HPLN (x)

c. Keguiatan yang dibiayai APBN saja

d. Kegiatan yang dibiayai oleh APBD saja

22. Pengaturan pengadaan barang/jasa pemerintah yang dibiayai dari dana APBN,apabila ditindak lanjuti dengan keputusan Menteri / Pemimpin Lembaga / Panglima TNI / Kapolri / Dewan gubernur BI / Pemimpin BHMN / Direksi BUMN adalah :

a. Tidak harus tetap berpedoman serta boleh bertentangan dengan ketentuan dalam Keppres No.80/2003

b. Harus tetap berpedoman serta tidak boleh bertentangan dengan ketentuan dalam Keppres No.80/2003 (x)

c. Tidak harus berpedoman serta tidak boleh bertentangan dengan ketentuan dalam Keppres No.80/2003

d. Tergantung Presiden.

23. Peraturan Daerah/Keputusan Kepala Daerah yang mengatur penga -daan barang/jasa pemerintah yang dibiayai dari dana APBD adalah :

a. Tidak harus tetap berpedoman serta boleh bertentangan dengan ketentuan dalam Keppres No.80/2003

b. Tidak harus tetap berpedoman serta boleh bertentangan dengan ketentuan dalam Keppres No.80/2003

c. Harus tetap berpedoman serta tidak boleh bertentangan dengan ketentuan dalam Keppres No.80/2003 (x)

d. Tergantung Gubernur Propinsi yang bersangkutan

24. Pengumuman pengadaan barang/jasa baik melalui media massa cetak/surat kabar maupun melalui media massa elektronik/radio adalah menjadi kewajiban beban tanggung jawab dari pihak :

a. Penyedia jasa

b. Penyedia jasa dan pengguna jasa

c. Panitia Pengadaan

d. Departemen / Kementerian / Lembaga/TNI / POLRI / Pemda / BI / BHMN / BUMN / BUMD. (x)

25. Pengguna barang/jasa diangkat dengan surat keputusan dari :

a. Menteri/Panglima TNI/Kapolri/Pemimpin Lembaga/Gubernur/ Bupati/ Walikota/Dewan gubernur BI/Pemimpin BHMN/Direksi BUMN/BUMD atau Pejabat yang diberi Kuasa (x)

b. Menteri/Panglima TNI/Kapolri/Pemimpin Lembaga

c. Presiden/Wakil Presiden

d. Semuanya salah.

26. Peran fungsi pengguna jasa dalam proses pengadaan barang/jasa yang paling dominan dan akhirnya bermuara pada ..... menurut anda adalah :

a. Mengangkat panitia/pejabat pengadaan barang/jasa

b. Bertanggung jawab dari segi administrasi,fisik,keuangan,dan fungsional atas pengadaan barang/jasa yang dilaksanakannya (x)

c. Mengusulkan calon pemenang

d. Mengendalikan pelaksanaan perjanjian/kontrak

27. Diantara 4 (empat) pernyataan dibawah ini manakah yang benar dan atau tepat menurut anda :

a. Anggota panitia pengadaan barang/jasa berasal dari pegawai negeri hanya dari instansi sendiri.

b. Untuk pengadaan sampai dengan nilai Rp 50.000.000,- hanya dapat dilaksanakan oleh pejabat pengadaan

c. Panitia pengadaan wajib dibentuk untuk semua pengadaan barang / jasa dengan nilai diatas Rp 50.000.000,- (x)

d. Untuk pengadaan sampai dengan nilai Rp 5.000.000,- hanya dapat dilaksanakan oleh panitia pengadaan

28. Panitia pengadaan pada suatu Lembaga secara teliti dan segera mengusulkan calon pemenang kepada pengguna jasa.Menurut anda proses tersebut berarti telah melalui tahapan terakhir sebelum ini, yaitu :

a. Menyiapkan dokumen pengadaan

b. Menyiapkan dan menyusun HPS.

c. Menyusun jadual kerja

d. Melakukan evaluasi penawaran yang masuk (x)

29. Apabila dalam suatu pengadaan barang/jasa diadakan di suatu Instansi Pemerintah dengan nilai yang besar yaitu Rp 48.000.000.000,- maka yang tidak boleh menduduki kursi panitia/pejabat adalah :

a. Pengguna barang/jasa dan bendaharawan (x)

b. Pegawai negeri dari Instansi tersebut

c. Pegawai negeri dari Instansi tersebut dan Instansi lainnya

d. Pengguna jasa saja

30. Suatu Penyedia jasa telah menjalahi suatu proses pengadaan sehingga diblack list oleh suatu Instansi Pemerintah.Satu tahun setelah kasus ini ada Instansi pemerintah lainnya yang menyelenggarakan pengadaan barang/jasa.Maka menurut anda bolehkah penyedia barang/jasa tersebut mengikuti pengadaan barang/jasa dari Instansi lain itu ? :

a. Tidak boleh karena peraturan (x)

b. Boleh dengan syarat

c. Boleh karena kenal pada pengguna jasa

d. Tidak boleh sampai selamanya

31. Pengguna jasa mengadakan pengadaan barang dengan nilai Rp 4.000.000.000,- hanya menerima peyedia jasa yang telah berdiri lebih dari 5 (lima) tahun yang lalu dengan memiliki pengalaman.Ternyata ada penyedia jasa yang baru berdiri pada 2 (dua) tahun yang lalu tanpa memiliki pengalaman ikut dalam proses pengadaan tersebut .Menurut pendapat anda yang benar adalah :

a. Tidak boleh mengikuti karena peraturan

b. Boleh mengikuti tanpa syarat (x)

c. Boleh mengikuti dengan syarat

d. Tidak boleh mengikuti karena belum dikenal

32. Suatu proyek fisik bernilai besar dari suatu Lembaga telah menarik perhatian suatu konsultan yang baru berdiri dimana para tenaga ahlinya (sarjana : S1,S2) belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan bukti penyelesaian kewajiban pajak untuk mengikuti pengadaan jasa tersebut.Menurut pendapat anda yang benar adalah :

a. Tidak boleh mengikuti karena peraturan

b. Tidak boleh mengikuti karena sesuatu hal

c. Boleh mengikuti karena ada kemungkinan pada waktu pelaksanaan pekerjaan mereka telah memilikinya (x)

d. Boleh mengikuti tanpa syarat.

33. Akan adanya pengadaan barang jasa yang bernilai besar,adalah seorang pensiunan pegawai Bank Indonesia sejak awalnya sudah siap mendaftarkan perusahaannya untuk ikut sebagai penyedia jasa dan siap untuk ikut lelang.Menurut anda hal tersebut adalah ;

a. Benar, karena terbuka untuk semua pihak.

b. Benar, karena sudah pensiun (x)

c. Salah, karena tidak sesuai keppres No.80/2003.

d. Salah, karena sudah tahu pagu anggarannya.

34. Pada suatu Instansi terdapat fenomena yaitu Owner Estimate/Harga perkiraan Sendiri (OE=HPS) telah dibuat dan ditetapkan oleh Panitia / Pejabat Penga- daan itu sendiri. Menurut anda hal itu adalah :

a. Benar ,hal itu adalah tugasnya.

b. Salah, panitia tidak berhak tanda tangan.

c. Benar, hal itu sesuai Keppres No.80/2003.

d. Salah, seharusnya ditetapkan oleh Pengguna Jasa (x)

35. Prakualifikasi adalah proses penilaian kompetensi dan kemampuan usaha serta pemenuhan persyaratan tertentu lainnya dari penyedia barang/jasa sebelum memasukkan penawaran. Menurut anda apakah hal tersebut adalah :

a. Benar, pernyataan itu dari Keppres No.80/2003 (x)

b. Benar, pra berarti sebelum penjelasan.

c. Salah ,hal itu bertentangan dengan Keppres No.80/2003.

d. Salah, sebelum pengumuman boleh mendaftar.

36. Pembangunan gedung berlantai banyak yang akan segera dibangun pemerintah di jakarta akan dilengkapi dengan sarana utilitasnya dan furniturnya ,dilakukan oleh panitia pengadaan melalui prakualifikasi. Menurut pendapat anda hal itu adalah :

a. Benar,hal itu sesuai Keppres No.80/2003 (x)

b. Salah,seharusnya dengan Pasca kualifikasi.

c. Benar, panitia harus akurat.

d. Salah, panitia & pengguna tidak berhak.

37. Dalam proses pengadaan jasa karena proyek ini bernilai besar dan strategis,pihak panitia menambahkan item persyaratan bahwa penyedia jasa yang ikut harus berdomisili Jakarta saja. Menurut anda pendapat ini adalah ;

a. Salah,karena ada pihak lain yang mampu ingin ikut.

b. Salah, karena bertentangan Keppres No.80/2003 (x)

c. Benar,karena proyek besar & strategis.

d. Benar, karena proyek itu termasuk pekerjaan kompleks.

38. Sesuai dengan DIPA 2005,paket untuk Pemda Kota tersusun menjadi 7 Kecamatan yang besarnya masing-masing berkisar antara Rp 3.000. 000.000,- sampai Rp Rp 4.000.000.000,- Pada satu sisi pengguna jasa, paket itu disatukan dengan alasan efisiensi dan efektifitas,pada sisi yang lain jarak terjauh dari sisi-sisi kota tersebut sekitar 20 Km.Menurut anda tindakan pengguna jasa tersebut adalah ;

a. Benar untuk praktisnya di lapangan.

b. Benar,karena sisi kota hanya 20 km.

c. Salah, karena dilarang Keppres No.80/2003 (x)

d. Salah, sebab mudah terjadi KKN.

39. Menurut anda apakah pernyataan dibawah ini benar atau salah : Apabila metoda pelelangan umum atau pelelangan terbatas dinilai tidak efisien dari segi biaya pelelangan,maka pemilihan penyedia barang/jasa dapat dilakukan dengan metoda pemilihan langsung.

a. Salah, sebab tidak ada di dalam Keppres No.80/2003.

b. Benar,karena menghemat uang negara.

c. Salah, sebab akan timbul KKN.

d. Benar, sebab Keppres No.80/2003 mengatakan demikian (x)

40. Yang dimaksudkan dengan pengertian Metoda Dua Tahap, yaitu :

a. Dokumen administrasi dan teknis dimasukkan dalam satu sampul tertutp I;harga penawaran dimasukkan dalam sampul tertutup II,sampul I dan sampul II dimasukan lagi kedalam satu sampul kemudian disampaikan kepada panitia/pejabat pengadaan.

b. Dokumen administrasi dan teknis dimasukkan dalam satu sampul tertutp I;harga penawaran dimasukkan dalam sampul tertutup II, kemudian disampaikan kepada panitia/pejabat pengadaan dalam 2 tahap secara terpisah dan dalam waktu yang berbeda (x)

c. Dokumen administrasi dan teknis dimasukkan dalam satu sampul tertutp I ;harga penawaran dimasukkan dalam sampul tertutup II, kemudian disampaikan kepada panitia/pejabat pengadaan dalam 2 tahap secara terpisah dan dalam waktu yang bersamaan.

d. Dokumen administrasi,teknik dan penawaran harga dimasukkan kedalam satu sampul tertutup ,kemudian disampaikan kepada panitia,selanjutnya panitia melakukan evaluasi dalam dua tahap.

41. Pada suatu proses evaluasi pengadaan jasa pemborongan,panitia melakukan metoda evaluasi penawaran dengan sistem gugur dan sistem nilai. Menurut pendapat anda,hal ini adalah :

a. Benar, karena lebih efisien.

b. Benar, sebab sesuai keppres No.80/2003.

c. Salah, karena hanya diijinkan satu metoda saja (x)

d. Salah, lebih tepat sistem biaya selama umur ekonomis.

42. Suatu proyek pengadaan barang/jasa dapat dilakukan dengan proes prakualifikasi dan pasca kualifikasi.Oleh panitia/pejabat pengadaan yang kemudian ditetapkan pengguna jasa dipilih proses pasca kualifikasi. Menurut pendapat anda hal ini adalah :

a. Benar, lebih efisien dan efektif.

b. Salah, harus prakualifikasi.

c. Benar, hal ini sesuai Keppres No.80/2003.

d. Pernyataan a dan c adalah Benar (x)

43. Tindakan post bidding adalah sah dilakukan oleh panitia pengadaan dalam evaluasi dokumen penawaran.Hal itu adalah pernyataan yang :

a. Salah, sebab dilarang oleh keppres No.80/2003 (x)

b. Benar, sebab tidak dilarang oleh keppres No.80/2003.

c. Salah, sebab tidak efisien dan efektif.

d. Benar, sebab menyelamatkan keuangan negara.

44. Prosedur pemilihan penyedia barang/jasa dengan pasca kualifikasi banyak digunakan oleh panitia pengadaan,hal itu disebabkan oleh :

a. Konsultan,Kontraktor,Pemasok lebih dimudahkan prosesnya.

b. Pengguna jasa dan Panitia Pengadaan dapat bekerja efektif dan efisien dengan hasil yang sama dengan prakualifikasi (x)

c. Prakualifikasi lebih mahal dari pada pasca kualifikasi.

d. Jawaban a dan c adalah benar.

45. Dalam proses pengadaan penyedia jasa konsultansi,pengguna barang /jasa tidak menyusun Kerangka Acuan Kerja (KAK=ToR) yang kemudian menjadi bahan temuan bagi auditor dari Inspektorat Jenderal.Menurut anda hal tersebut adalah :

a. Benar,sebab penyusunan KAK adalah tugas Konsultan.

b. Benar,tugas Pengguna jasa adalah tidak termasuk hal itu.

c. Salah,tugas pengguna jasa diantaranya menyusun KAK (x)

d. Salah,tugas penyedia jasa diantaranya menunjuk panitia.

46. Panitia Pengadaan jasa konsultansi suatu Instansi mengumumkan di papan pengumuman resmi untuk seleksi langsung pada daftar pendek pesertanya.Menurut kami,tindakan panitia adalah :

a. Salah,sebab tidak boleh seleksi langsung.

b. Benar,sebab hal itu adalah hak panitia.

c. Salah,sebab tidak sesuai dengan Keppres No.80/2003.

d. Benar,sebab sesuai Keppres No.80/2003 (x)

47. Dalam suatu proses pengadaan barang/jasa panitia menetapkan bahwa masa sanggah untuk proyek ini adalah 3 hari kerja.Menurut anda keputusan panitia tentang hal tersebut adalah :

a. Benar,sebab minimum 3 hari kerja.

b. Salah,yang benar adalah 7 hari kalender.

c. Benar,panitia ingin bersikap tegas.

d. Salah,sebab minimum 5 hari kerja (x)

48. Pejabat yang berwenang menetapkan penyedia barang/jasa adalah Direksi BUMD untuk pengadaan barang/jasa yang dibiayai dari dana APBN/APBD yang bernilai diatas Rp 50.000.000.000,- dengan persetujuan Gubernur/Walikota/Bupati. Pernyataan tersebut menurut anda adalah :

a. Benar,karena sesuai dengan Keppres No.80/2003 (x)

b. Salah,sebab nilainya lebih dari Rp 50.000.000.000,-

c. Benar, Direksi BUMD tidak berhak.

d. Salah, Gubernur/Walikota/Bupati berhak untuk itu.

49. Terima jadi (turn key) adalah suatu bentuk kontrak pengadaan barang/ jasa yang beralur atau berdasarkan pada :

a. Kontrak berdasarkan jangka waktu pemeliharaan.

b. Kontrak berdasarkan bentuk imbalan (x)

c. Kontrak berdasarkan jumlah pengguna barang/jasa.

d. Kontrak berdasarkan jangka waktu pelaksanaan.

50. Menurut pendapat anda,pada umumnya suatu kontrak dapat ditanda- tangani oleh kedua belah pihak apabila kondisi prasyarat .................... dapat dipenuhi :

a. 14 hari kerja terhitung sejak diterbitkannya Surat Keputusan Penetapan Penyedia barang/jasa dan setelah penyedia barang/jasa menyerahkan surat jaminan pelaksanaan sebesar 5% dari nilai kontrak kepada pengguna jasa (x)

b. 14 hari kerja terhitung sejak diterbitkannya Surat Keputusan Penetapan Penyedia barang/jasa dan sebelum penyedia barang/jasa menyerahkan surat jaminan pelaksanaan sebesar 5% dari nilai kontrak kepada pengguna jasa.

c. 14 hari kerja terhitung sejak diterbitkannya Surat Keputusan Penetapan Penyedia barang/jasa.

d. Setelah penyedia barang/jasa menyerahkan surat jaminan pelaksanaan sebesar 5% dari nilai kontrak kepada pengguna jasa.

II. KELOMPOK B : PILIH JAWABAN BENAR (menengah)

Soal-soal dibawah ini merupakan hal-hal substansial yang bersifat elementer Terdapat hanya satu jawaban yang benar.Apabila jawaban anda benar dinilai +3 apabila jawaban anda salah dinilai -1.

1. Dalam proses pelaksanaan di lapangan oleh kontraktor pembangunan gedung milik Pemerintah Daerah Kotamadia di Pulau Jawa ada usulan penambahan waktu pelaksanaan oleh kontraktor dengan alasan agar kecenderungan kelambatan dapat tertolong, bila terjadi persetujuan hal perpanjangan waktu pelaksanaan,maka substansi tersebut akan dapat dituangkan di dalam suatu :

a. Surat Perintah Kerja (SPK)

b. Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) (x)

c. Addendum Kontrak (kontrak tambahan/anak)

d. Terserah Pengguna Jasa

2. Dalam proses pelaksanaan desain oleh konsultan pembangunan gedung milik Pemerintah Daerah Kotamadia di Pulau Jawa ada usulan penambahan waktu pelaksanaan oleh konsultan tersebut dengan alasan agar kecenderungan kelambatan dapat tertolong, bila terjadi persetujuan hal perpanjangan waktu pelaksanaan,maka substansi tersebut akan dapat dituangkan di dalam suatu :

a. Surat Perintah Kerja (SPK)

b. Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) (x)

c. Addendum Kontrak (kontrak tambahan/anak)

d. Terserah Pengguna Jasa

3. Masyarakat luas/umum memiliki hak dan kewajiban untuk melaporkan adanya penyimpangan pelaksanaan pekerjaan fisik di lapangan oleh kontraktor, substansi tersebut diatur dalam perangkat peraturan :

a. UU No 18/1999 tentang Jasa Konstruksi (x)

b. Keppres N0 80/2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan

c. UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen

d. a b c tidak ada yang benar.

4. Dalam suatu proses penilaian prakualifikasi untuk Proyek senilai total Rp 61.000.000.000,- dengan pemilihan langsung tengah ditengarai kuat adanya unsur penipuan dan atau ketidak benaran penyampaian data dari Konsultan di dalam isi dokumen penting kualifikasinya,maka hal tersebut akan dapat ditindak melalui proses :

a. Konsultan tersebut langsung digugurkan

b. Disampaikan secara formal untuk dapat diperbaiki

c. Diberi sanksi kepadanya sesuai Keppres No 80/2003

d. Gagal setelah dilakukan klarifikasi dan verifikasi yang punya arah penipuannya ternyata benar (x)

5. Panitia Pengadaan suatu proyek pembangunan fisik gedung bernilai seluruh nya Rp 2.250.000.000,- untuk bangunan satu lantai, ingin meminta pengarahan anda bagi proses pengadaan jasa konsultan perencana proyek. Fee untuk konsultan perencana adalah Rp 88.593.000,-. Untuk itu proses pengadaan jasa konsultan perencana yang benar menurut Keppres No.80/2003 adalah :

a. Melalui Seleksi Umum (x)

b. Melalui seleksi Terbatas

c. Melalui Seleksi Langsung

d. Melalui Penunjukan Langsung

6. Masih berkait dengan soal nomor 5 tersebut diatas, apabila Feenya untuk konsultan pengawas adalah Rp 40.050.000,-dan Fee konsultan perencana Rp 49.600.000,- Untuk itu proses pengadaan jasa konsultan perencana yang benar menurut Keppres No.80/2003 adalah :

a. Melalui Seleksi Umum

b. Melalui seleksi Terbatas

c. Melalui Seleksi Langsung

d. Melalui Penunjukan Langsung (x)

7. Suatu Kotamadya memerlukan sistem komunikasi dan informasi yang canggih (cybernatic of cityhall) untuk komunikasi senilai Rp 2.700.000.000,- dan untuk informasi senilai Rp 3.600.000.000,- Maka menurut anda apakah sebaiknya :

a. Dana komunikasi & informasi digabungkan agar hemat.

b. Dana komunikasi dan informasi tetap terpisah (x)

c. Dana komunikasi dan informasi dipecah-pecah lagi.

d. Terserah pada pengguna jasa.

8. Masih terkait dengan soal nomor 7 diatas,untuk paket pekerjaan sistem komunikasi akan dilakukan dengan proses :

a. Pelelangan Umum dengan penyedia jasa kelas menengah (x)

b. Pelelangan Umum dengan penyedia jasa kelas besar.

c. Pelelangan Terbatas dengan penyedia jasa kelas menengah.

d. Pelelangan Terbatas dengan penyedia jasa kelas besar.

9. Masih terkait dengan soal nomor 7 diatas, untuk paket pekerjaan sistem informasi akan dilakukan dengan proses :

a. Pelelangan Umum dengan penyedia jasa kelas menengah.

b. Pelelangan Umum dengan penyedia jasa kelas besar (x)

c. Pelelangan Terbatas dengan penyedia jasa kelas menengah.

d. Pelelangan Terbatas dengan penyedia jasa kelas besar.

10. Masih terkait dengan soal nomor 7 diatas,apakah dalam hal tersebut akan / masih diperlukan konsultan perencana dan konsultan pengawas ?

a. Terserah pada Pengguna Jasa.

b. Hanya diperlukan konsultan perencana saja.

c. Diperlukan konsultan perencana dan pengawas (x)

d. Diperlukan konsultan pengawas saja.

11. Suatu Gedung Berlantai 12 luas lantai bangunan total 10.000.M2 milik suatu Pemerintah Daerah Kota yang terletak di Pulau Jawa dan akan dibangun secara bertahap dalam dua tahun anggaran berturutan,dimulai tahun 2006 dengan sumber dana murni dari APBD. Di proyek ini telah dihitung nilai bangunan fisik Rp 30.000.000.000,- dan nilai utilitas total Rp 15.000.000.000,-. Konsultan perancangnya telah ditunjuk oleh Kepala Daerah dan tanpa melalui prosedur pelelangan umum dan desainnya telah selesai.Menurut anda,siapa yang berhak memberi ijin agar proyek dapat dimulai ?

a. Gubernur Kepala Daerah Propinsi & DPRD Propinsi

b. DPRD Kota (x)

c. Mendagri.

d. Presiden dan DPR-RI.

12. Masih berkait dengan soal nomor 11 diatas, apakah sisi perekrutan konsultan perancang tanpa pelelangan umum dapat dibenarkan ?

a. Tidak benar,karena menurut Keppres nomor.80/2003 hanya kondisi khusus & force majeur (kahar) saja dapat dilakukan hal itu (x)

b. Tidak benar,karena ada kecenderungan KKN.

c. Benar,karena sudah mendapat ijin dari Kepala Daerah dan DPRDnya.

d. Benar,karena semua personal konsultan adalah putra daerah.

13. Masih berkait dengan soal nomor 11 diatas,dalam tahap perencanaan anggaran di awal apakah yang terbaik ada lebih dari satu konsultan masing-masing untuk bangunan dan utilitas atau bagai- mana agar lebih efisien serta efektif dan mudah dikendalikan ?

a. Hanya satu konsultan perancang,agar mudah dikendalikan.

b. Ada dua konsultan perancang,agar ada kesempatan kerja lebih luas.

c. Terserah pengguna jasa.

d. Semuanya salah.

14. Pada suatu proses pelelangan bangunan gedung,kontraktor yang ikut lelang di tahap pemasukan penawarannya memberi surat tertutup yang isinya menyatakan mengundurkan diri,maka hal tersebut berarti :

a. Pada pembukaan penawaran,dievaluasi,dinyatakan tidak sah.

b. Pada pembukaan penawaran,dibuka suratnya,dinyatakan tidak sah. (x)

c. Langsung digugurkan.

d. Panitia menyerahkan pada rekanan untuk memutuskan.

15. Setelah ditetapkan sebagai pemenang pelelangan, ternyata kontraktor itu mengulur waktu dimulainya pelaksanaan lapangan sehingga lebih dari tiga puluh hari kalender belum dimulai. Maka hal tersebut berarti :

i. Pengguna Jasa tidak bertindak tegas dan cepat disebabkan tidak menguasai Keppres No.80/2003 (x)

ii. Panitia Pengadaan tidak bertindak,tidak menguasasi Keppres 80/03.

iii. Pengguna dan Panitia salah pilih kontraktor.

iv. Tidak masalah,karena hal itu adalah hak kontraktor.

16. Pengadaan furniture untuk suatu Instansi bernilai Rp 40.000.000,- dilakukan dengan cara penunjukan langsung karena penyedia jasa sudah kenal baik dengan pengguna jasanya.Hal itu berarti :

a. Benar,sesuai keppres No.80/2003.

b. Salah, harus ada dua pembanding sesuai Keppres No.80/2003 (x)

c. Terserah kepada Pengguna Jasanya.

d. Semuanya salah.

17. Suatu daerah Kabupaten menerima bantuan hibah sebesar Rp 700.000.000,- dari Pemerintah Pusat untuk memperbaiki tanggul yang bobol akibat banjir. Maka pernyataan yang benar adalah :

a. PemDa melelangkan pekerjaan perencanaan,pengawasan,pemborongan.

b. PemDa melelangkan pekerjaan pemborongan.

c. PemDa mengangkat Panitia dan menunjuk pemborong.

d. PemDa cepat mengangkat Pengguna Jasa,Panitia Pengadaan serta menunjuk langsung Pemborong yang reputasinya baik (x)

18. Suatu Pemerintah daerah Kabupaten mendapatkan hibah luar negeri untuk pembuatan tungku briket batu bara bagi masyarakat Kabupaten itu senilai US$ 100.000,- Maka langkah yang tepat adalah :

a. PemDa minta ijin DPRD setempat,segera melaksanakan lelang.

b. PemDa dapat langsung melakukan pelelangan umum.

c. PemDa dapat secara simultan minta ijin ke DPRD dan melakukan pelangan umum (x)

d. PemDa dapat secara simultan minta ijin ke DPRD dan melakukan proses penunjukan langsung pemborongnya.

19. Kabupaten di Pulau Jawa mendapat musibah angin topan dan banjir pada saat yang sama.Kerugian total ditaksir Rp 17.000.000.000,- dan dalam waktu yang singkat mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat Rp 7.000.000.000,- untuk rehabilitasi fisik.Maka PemDa kabupaten tersebut haruslah :

a. Melakukan pelelangan umum pemborongan.

b. Melakukan pelelangan terbatas pemborongan.

c. Melakukan penunjukan langsung pemborongan (x)

d. Melakukan seleksi umum pemborongan.

20. Suatu konsultan mendapat pekerjaan desain dari PemDa Kota dan sudah mendapat SPK dengan fee Rp 208.000.000,- .Karena sesuatu hal yang prinsip konsultan mengundurkan diri. Maka PemDa Kota haruslah :

a. Langsung melakukan penunjukan langsung konsultan baru.

b. Melakukan seleksi terbatas.

c. Melakukan seleksi langsung.

d. Menetapkan konsultan calon pemenang kedua dalam seleksi umum yang lalu sebagai penggantinya (x)

21. Untuk memenangkan lelangnya Pemborong A memberikan parsel-parselnya kepada panitia pengadaan. Bagaimana panitia harus bersikap ?

a. Parsel diterima,lelang berjalan sesuai prosedur/Keppres No.80/2003 (x)

b. Parsel ditolak,lelang ditunda.

c. Parsel diterima,pemborong A dimenangkan.

d. Parsel ditolak,lelang berjalan sesuai prosedur/Keppres No.80/2003.

22. Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Jawa tengah membutuhkan peralatan ukur Theodolit dan peralatan bantu/pelengkap lainnya sebanyak 40 buah seharga Rp 400.000.000,- di tahun 2005.Maka Panitia Pengadaan akan mengadakan :

a. Pelelangan Umum.

b. Pelelangan terbatas (x)

c. Penunjukan Langsung.

d. Terserah Panitia Pengadaan

23. Di suatu Propinsi ada 3 (tiga) penawar terendah suatu lelang pemborongan barang seharga Rp 3.000.000.000,- disertai dengan alasan masing-masing menyatakan mengundurkan diri.Maka Panitia Pengadaan melakukan :

a. Pelelangan Umum (x)

b. Pelelangan terbatas.

c. Penunjukan Langsung.

d. Terserah Panitia Pengadaan

24. Suatu Kabupaten akan mengadakan pengadaan jasa catering untuk acara peringatan 17 Agustus dengan nilai Rp 500.000.000,- Hanya ada 2 (dua) jasa catering di Kabupaten tersebut.Panitia Pengadaan akan mengadakan proses yang adil dalam mendapatkan penyedia jasanya, yaitu dengan :

a. Pelelangan Umum.

b. Pelelangan terbatas (x)

c. Penunjukan Langsung.

d. Terserah Panitia Pengadaan.

25. Kontraktor dalam proses lelang ternyata memberikan satu item data palsu kepada Panitia Pengadaan pada proyek bernilai Rp 5.000.000.000,- Sedang pesertanya ada sebelas kontraktor. Untuk itu berarti Panitia akan :

a. Mengadakan Pelelangan Umum lagi.

b. Menyatakan tidak sah pada kontraktor tersebut dan memberi sanksi dan lelang tetap berjalan (x)

c. Melakukan Penunjukan Langsung.

d. Terserah Panitia Pengadaan.

26. Di lapangan pada waktu pelaksanaan terjadi perselisihan (dispute) antara kontraktor dengan pemilik proyek/pengguna jasa.Dalam hal ini maka hal penyelesaian yang terbaik adalah mendahulukan :

a. Musyawarah untuk mufakat (x)

b. Membentuk Dewan Arbitrase.

c. Menyelesaikan di Pengadilan.

d. Pemutusan kontrak.

27. Masih berkait dengan soal no 13 diatas, apabila langkah musyawarah untuk mufakat tidak dapat dicapai ,maka sebaiknya dilakukan tindakan :

a. Pemutusan kontrak.

b. Membentuk Dewan Arbitrase (x)

c. Menyelesaikan di Pengadilan.

d. Terserah Pengguna Jasa.

28. Masih berkait dengan soal no 13 diatas, apabila langkah Membentuk Dewan Arbitrase tidak dapat dicapai ,maka sebaiknya dilakukan tindakan :

a. Pemutusan kontrak.

b. Membentuk Dewan Arbitrase.

c. Menyelesaikan di Pengadilan (x)

d. Terserah Pengguna Jasa.

29. Fee Konsultan untuk pembuatan Revisi masterplan suatu Universitas Negeri sebesar Rp 256.000.000,- seharusnya proses pengadaan jasa konsultasinya dilakukan dengan :

a.Seleksi Umum (x)

b.Seleksi Terbatas.

c. Seleksi Langsung.

d.Penunjukan Langsung.

30. Pekerjaan perbaikan gorong-gorong di suatu RW dengan dana berasal dari Pemerintah Kota dilakukan proses pengadaan penyedia jasa kontraktor & cara penunjukan langsung,tanpa Konsultan. Hal itu berarti :

a.Pagu Anggaran diatas Rp 1.000.000.000,-

b.Pagu Anggaran antara Rp 200.000.000,- - Rp 1.000.000.000,-

c. Pagu Anggaran antara Rp 100.000.000,- - Rp 200.000.000,-

d. Pagu Anggaran dibawah Rp 50.000.000,- (x)

16. KELOMPOK C : CONTOH KASUS-KASUS

1. Suatu Pemerintah Propinsi di Pulau Sumatera mengadakan pengadaan barang berupa mobil penumpang berkapasitas minimum 7 orang.Panitia atas dasar instruksi dari pengguna jasa langsung memesan sebanyak 24 buah mobil merk kijang kepada dealer /agen toyota di propinsi tersebut.Berdasarkan Keppres No.80/2003 metoda pemilihan penyedia jasa tersebut adalah :

a. tidak melanggar prinsip pengadaan karena menguntungkan negara

b. pemilihan metoda tersebut adalah salah (x)

c. bagi pemda memiliki hak istimewa

d. mempercepat untuk digunakan dalam tugas operasional

2. Diknas mengadakan proyek pengadaan barang untuk daerah sulawesi dengan rincian sebagai berikut : jumlah nilai proyek Rp 42.000.000.000,- dalam satu paket furnitur untuk dialokasikan ke 14 daerah kota/kabupaten Pemaketan tersebut menimbulkan sikap pro dan kontra,untuk itu anda diminta pendapatnya tentang kondisi itu,yaitu yang benar adalah :

a. paket tersebut efisien-efektif serta cepat selesai

b. paket tersebut bertentangan dengan Keppres No.80/2003 (x)

c. paket lebih tepat dipecah menjadi 1 paket/kota

d. paket tersebut dinilai tidak merujuk prinsip pengadaan barang

3. Departemen strategis di jakarta melalui pengguna jasa merekrut panitia penga daan barang/jasa yang berjumlah total 7 orang dimana 2 orang diantaranya adalah berstatus pegawai yang belum diangkat sebagai pegawai negeri tetapi keduanya sangat menguasai substansi teknis serta hal ikhwal pengadaan barang/jasa.Kondisi ini menarik untuk dimintakan pendapat bagi anda dengan menentukan yang benar adalah :

a. panitia tidak sah secara totalitas (x)

b. tidak melanggar karena hanya ada 2 orang titipan

c. tidak melanggar karena keduanya mampu teknis dan pengadaan

d. tidak melanggar karena jumlahnya sudah memenuhi

4. Panitia pengadaan menjumpai suatu penawaran dari para kontraktor pada proses evaluasinya yaitu penawaran harga terendah terkoreksi adalah 27% dibawah HPS/OE.Berdasarkan pada situasi dan kondisi tersebut diatas,diminta pendapat anda untuk menentukan penyelesaian yang benar, yaitu :

a. panitia melakukan klarifikasi harga

b. panitia menetapkan penawar terendah sebagai pemenang

c. panitia menaikkan jaminan penawaran yang nilainya menjadi minimal prosentase jaminan pelaksanaan dikalikan dengan 80% dari HPS/OE (x)

d. panitia minta persetujuan para penawar yang hadir

5. Pemerintah Kabupaten dan DPRDnya telah sepakat untuk membeli mobil dinas sejumlah 36 buah,biaya tidak masalah.Diangkat panitia pengadaan yang diwajibkan mengarah merk tertentu.Panitia memberi kriteria yang pasti tentang spesifikasinya sebagai berikut :

i. kapasitas mobil 8 penumpang

ii. volume silinder > 1800 cc

iii. bahan bakar premium

iv. bentuk mobil : minibus

v. produksi tahun : minimal th 2004

vi. tipe mobil : LGX

Berdasarkan pada pengetahuan anda tentang Keppres No.80/2003,maka keputusan panitia pengadaan tentang spesifikasi teknis mobil adalah :

a. Kriteria tidak melanggar karena sudah diijinkan pimpinan

b. Melanggar keppres 80/2003 karena mengarah ke satu merk (x)

c. Tidak melanggar karena tidak menyebut merk tertentu

d. Tidak melanggar karena dealer sudah deal dengan pimpinan

6. Panitia pengadaan mengalami persoalan pada waktu proses pembukaan penawaran – evaluasi,yaitu dijumpai peserta : 2 perusahaan kontraktor ternyata dokumen penawarannya kurang jumlahnya dari sebagaimana ditetapkan dalam rapat penjelasan.Dalam hal tersebut tindakan panitia yang benar adalah :

a. Panitia mengikuti keputusan peserta yang hadir

b. Penawaran 2 kontraktor dinyatakan gugur (x)

c. Penawaran 2 kontraktor tidak dinyatakan gugur

d. 2 kontraktor tersebut diminta menambah kekurangannya

7. Pemerintah Daerah Propinsi di Pulau Jawa karena kedudukannya yang strategis dalam kancah nasional,menerbitkan surat edaran (SE) kesemua lini jajaran dibawahnya untuk melaksanakan cara penunjukan langsung bagi semua pekerjaan proyek pengadaan barang/jasa.Kebijakan tersebut telah melalui analisa oleh tim khusus dan hasilnya sangat menguntungkan negara,waktu pelaksanaan lebih pendek.Jawaban yang paling benar sangat diharapan dari anda,yaitu :

a. SE tersebut merupakan keputusan tertinggi di daerah propinsi

b. SE dapat diterapkan dengan ada atau tidak sanggahan peserta

c. SE tidak berlaku karena isinya tidak sejiwa dengan Keppres no. 80/ 2003 (x)

d. Ketiga jawaban diatas adalah benar

8. Suatu proyek strategis berteknologi tinggi dari suatu departemen teknik ditetapkan klausula bahwa para calon pemborong diijinkan menawar pula dengan penawaran alternatif disamping penawaran utama.Anda diminta pendapatnya untuk menentukan kriteria penawaran alternatif yang paling tepat , yaitu :

a. penawaran utama terendah saja yang dikoreksi,kemudian penawaran alternatifnya dikoreksi

b. seluruh penawaran yang masuk (utama+alternatif) akan dikoreksi

c. hanya 3 (tiga) penawar terendah yang akan dikoreksi (utama + alternatif) (x)

d. dikoreksi hanya 3 penawaran utama terendah saja

9. Bawasda Propinsi telah menunjuk panitia pengadaan barang/jasa bidang pengadaan komputer lengkap & spesifikasi tercanggih,sebanyak 48 buah akan tetapi dari dokumen anggaran panitia telah tertera salah satu merek komputer dan peralatan pendukung terkenal. Anda dimintai advis sebagai jalan keluar sesuai peraturan bagi panitia untuk melangkah kedepan ,dengan menentukan jawaban yang benar ,yaitu :

a. Menyusun spesifikasi teknis sesuai merk tersebut dan melakukan cara penunjukan langsung sesuai arahan dokumen/pimpinan

b. Menyusun spesifikasi teknis sesuai merk tersebut dan melakukan cara pelelangan terbatas

c. Melakukan perubahan dokumen anggaran sesuai dengan Keppres No.80/2003 dan melakukan pelelangan umum (x)

d. Melakukan perubahan dokumen anggaran sesuai dengan Keppres No.80/2003 dan melapor kepada atasan

10. Salah satu tugas panitia adalah menyusun HPS/OE yang sesuai dengan kenyataan dan dapat dipertanggung jawabkan.Apabila panitia melakukan langkah-langkah : survey harga bahan dan alat serta upah pasar,melihat contoh lain yang sejenis,melakukan analisa kecenderungan harga,minta pendapat dari para nara sumber dan atau ahli. Bagaimanakah pendapat anda mengenai tatacara tersebut :

a. langkah panitia sangat banyak dan tidak perlu

b. langkah panitia tidak sesuai dengan ketentuan pembuatan HPS

c. langkah panitia sudah sesuai dengan Keppres No.80/03 (x)

d. langkah panitia hanya survey pasar saja

dikutip dari proyek.info

Tidak ada komentar: